Hubungan Kejenuhan Belajar dengan Intensitas Bermain Game Online


Author (Penulis)

MOH. RAFIUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0199

Abstract

     Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa ditemukan masalah tentang cukup banyaknya siswa mengalami kejenuhan belajar. Sebagian siswa kelas VIII SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2019/2020 lebih suka mengatasi kejenuhan belajar dengan cara bermain game online, namun siswa cenderung bermain game online secara berlebihan sehingga justru menimbulkan dampak negatif. Permasalahan penelitian ini adalah:Adakah hubungan kejenuhan belajar dengan intensitas bermain game online pada siswa kelas VIII SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2019/2020? sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kejenuhan belajar dengan intensitas bermain game online siswa kelas VIII SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2019/2020.

     Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri yang berjumlah 283 siswa. Sampel penelitian didapatkan sejumlah 30 siswa, dalam menetapkan sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala kejenuhan belajar dengan skala intensitas bermain game online dengan skala Intensitas bermain game online. Analisis data untuk mengetahui hubungan antara variabel menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan uji korelasi product moment.

    Kesimpulan dari hasil penelitian ini ada hubungan dari kedua variabel yang berbunyi ada hubungan kejenuhan belajar dengan intensitas bermain game online pada siswa kelas VIII SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari hasil rhitung positif, karena nilai rhitung ≥ rtabel atau 0,917 ≥ 0,361 dengan nilai signifikansi 0,05.

    Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, saran bagi siswa harus pandai dalam mengatur waktu untuk mengimbangi proses belajar supaya tidak terjadi kejenuhan belajar, dari segi positif bermain game online adalah sebagai hiburan melepas penat yang dapat menurunkan tingkat kejenuhan belajar sedangkan segi negatif adalah jika durasi dan frekuensi berlebihan, siswa tak jarang menjadi pemalas menghindar dari tugas sekolah. Saran bagi konselor di sekolah hendaknya meningkatkan layanan bimbingan dan konseling serta membekali siswa dalam mengembangkan semangat belajar supaya tidak terjadi kejenuhan, selanjutnya bagi sekolah bersama menjalin hubungan komunikasi baik kepada setiap siswa supaya terjalin interaksi yang nyaman, saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan memberikan penjelasan tentang informasi terkait hubungan kejenuhan belajar dengan intensitas bermain game online dengan mempergunakan teknik penelitian dan instrumen berbeda.


Keyword

Kejenuhan belajar, Intensitas Bermain Game Online

Reference

Hamdu, G. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Dekolah Dasar. 1 (12) : 1412

Jatmiko, R. B. 2016. Perbedaan Tingkat Burnout Belajar Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Pedan. Jurnal fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan Konseling. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khusumawati, Z. E. & Christiana E. 2014. Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi dan Self Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Diakses dari http:// ejournal.unesa.ac.id/ article/ 13033/13/ article. pdf. pada tanggal  11 Desember 2018.

Kholidiyah, U. 2013. Hubungan Antara Bermain Intensitas Bermain Game Online dengan Kecerdasan Emosi. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.

Kurniawan, N. G. 2016. Efektivitas Musik Klasik Untuk Menurunkan   Kejenuhan Belajar. Jurnal fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nashori, F 2006. Hubungan Antara Kualitas Dan Intensitas Dzikir Dengan Kelapangdadaan Mahasiswa. Jurnal Millah Magister Studi islam, Universitas Islam Indonesia.

Septi, D. & Suwarjo. 2012. Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi dan Self-Intruction Untuk  Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Sarjanan Wiyata Taman Siswa. Yogyakarta.

Syahran. 2015. Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta: Pustaka Mina

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Vitnalia, R. 2012. Moralitas Anak yang Gemar Bermain Game Online di Kawasan Ketintang Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Jurnal Remaja Pendidik. FIS UNESA. Surabaya.


PUBLISHED

2020-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade