Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

DINA LUTFIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0191

Abstract

ABSTRAK Dina Lutfiani: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, BK, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017. Kata kunci: kecerdasan emosional, perilaku agresif Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan kegiatan PPL 2 di SMP Negeri 8 Kediri, bahwa terdapat perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 383 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel yang diambil sejumlah 58 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional dan skala perilaku agresif. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 responden. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa pada kategori tinggi dan rata-rata perilaku agresif siswa pada kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa. Hubungan negatif tersebut berarti bahwa semakin rendah kecerdasan emosional yang dimiliki maka kecenderungan perilaku agresif akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi sebesar -0,800 dan p = 0,000. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Bagi guru Bimbingan dan Konseling diharapkan mampu mengoptimalkan perannya diantaranya yaitu melalui layanan bimbingan klasikal maupun memaksimalkan layanan bimbingan kelompok dengan materi yang berhubungan dengan kecerdasan emosional dan perilaku agresif siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI