PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK PGRI 3 KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI NATALIA HERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0190

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti selama melakukan praktek pengalaman lapangan di SMK PGRI 3 Kediri, siswa di sekolah tersebut menunjukkan minat belajar yang rendah. Fakta lain diperoleh peneliti melalui pengakuan guru BK, bahwa siswa di sekolah tersebut kurang mendapatkan motivasi dari orang tua. Berdasarkan berbagai literatur peneliti menemukan bahwa motivasi yang diberikan oleh orang tua mempunyai peranan penting dalam proses belajar. Motivasi orang tua adalah dorongan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya, dorongan tersebut memberikan pengaruh dan menentukan sikap anak. Dalam hal ini motivasi orang tua bertujuan untuk meningkatkan mutu belajar anaknya sehingga minat belajar anak disekolah pun menjadi lebih baik. Sedangkan Minat belajar didefinisikan sebagai kecendurungan seseorang untuk tertarik dan menikmati sesuatu. Sedangkan minat belajar berarti kecendurungan seseorang untuk tertarik dan menikmati kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh moivasi orang tua dan minat belajar siswa. Pendekatan dalam penelian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X, SMK PGRI 3 Kediri sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 75 siswa yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivai orang tua dan skala minat belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 22.0 yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi orang tua dan minat belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh motivasi orang tua terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yang memperoleh t hitung sebesar 1,363 dan t tabel pada df 73 sebesar 1,993. Hal tersebut menunjukkan t hitung < t tabel sehingga hipotesis nol diterima dan hipotersi alternatif ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini guru bk disarankan agar dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa tidak perlu mempertimbangkan faktor motivasi orang tua. KATA KUNCI : motivasi orang tua, minat belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI