Pengaruh Teknik Cinema Therapy Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas XI Di SMK Kartanegara Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

RIA DWI WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0187

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan di SMK Kartanegara Kediri, bahwa siswa kelas XI kebanyakan mengalami disiplin yang kurang. Berdasarkan data pada presensi siswa, ditemukan masih ada siswa yang terlambat masuk sekolah, banyak siswa yang membolos tanpa keterangan, dan masih ada beberapa siswa yang kurang mematuhi peraturan tata tertib di sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu teknik yang akan diterapkan adalah teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok. Teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok adalah bimbingan yang dilaksanakan oleh guru BK dengan menggunakan (penggalan) film dalam rangka membantu meningkatkan pertumbuhan dan wawasan siswa dengan cara memberikan atau memperlihatkan film-film yang bisa menginspirasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin kelas XII di SMK Kartanegara Kediri Tahun Ajaran 2017/ 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian yaitu Pre-Eksperimen Desain dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri. Populasi penelitian ini berjumlah 355 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster purposive non random sampling, dimana sampel penelitian kelas XI TKJ 1 SMK Kartanegara Kediri Tahun Ajaran 2017/ 2018 sejumlah 10 siswa yang memiliki disiplin yang rendah. Sedangkan analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan dalam 6 tahap yaitu: pretest, melaksanakan teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok 4 kali, dan posttest. Sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala disiplin. Dari uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini juga dibuktikan dari nilai thitung > t tabel atau 9,679 > 2,262 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok terhadap disiplin siswa kelas XI SMK Kartanegara Kediri Tahun Ajaran 2017/ 2018. Berdasarkan simpulan diatas ada beberapa saran (1) bagi guru BK, dapat memberikan teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk menyelesaikan permasalahan siswa yang mempunyai disiplin yang rendah, (2) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperbanyak literatur mengenai teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok dan disiplin. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang mungkin berpengaruh pada variabel teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok maupun disiplin yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: teknik cinema therapy, bimbingan kelompok, disiplin siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI