Pengaruh Teknik Cinema Therapy Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Papar Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

SHELLYA TANAYA DHAYINTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0186

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 2 Papar, bahwa siswa kelas VIII kebanyakan mengalami karakter tanggung jawab siswa yang kurang. Berdasarkan data pada catatan kasus siswa, ditemukan masih banyak siswa yang kurang menghargai guru ketika sedang proses pembelajaran, siswa asyik dengan kesibukannya sendiri tanpa mendengarkan guru, tidak adanya niat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru melainkan mencontek pekerjaan teman, dan siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok adalah bimbingan yang dilaksanakan oleh guru BK dengan menggunakan (penggalan) film dalam rangka membantu meningkatkan pertumbuhan dan wawasan siswa dengan cara memberikan atau memperlihatkan film-film yang bisa menginspirasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Papar Tahun Ajaran 2017/2018.Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-Eksperimen Desain dengan desain One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Papar. Populasi penelitian ini 194 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana sampel penilitian kelas VIII SMP Negeri 2 Papar Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 15 siswa yang memiliki karakter tanggung jawab rendah. Sedangkan analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian ini dilakukan dalam 5 tahap yakni: pretest, melaksanakan teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok 3 kali, dan posttest. Sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala tanggung jawab.Dari uji paired sampe t-test diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 . Hal ini juga dibuktikan dari nilai thitung > ttabel yaitu 15,480 > 2,131 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas VIII SMP N 2 Papar Tahun Ajaran 2017/2018.Berdasarkan simpulan disarankan kepada (1) guru BK, dengan adanya penelitian ini guru BK dapat memberikan teknik cinema therapy untuk menyelesaikan permasalahan siswa. (2) peneliti selanjutnya, diharapkan memperbanyak literatur mengenai teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok dan karakter tanggung jawab, peneliti selanjutnya diharapkan juga dapat meneliti faktor lain yang mungkin berpengaruh pada variabel teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok maupun karakter tanggung jawab yang tidak diteliti dalam penelitian ini

 

Kata Kunci: teknik cinema therapy, bimbingan kelompok, karakter tanggung jawab siswa


Keyword

Cinema Therapy, Karakter Tanggung Jawab

Reference

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Badan Pelatihan, Pengembangan Pendidikan, Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Byrd, M.A Michelle L. & Forisha Bill. 2006. Cinema Therapy Dengan Anak-anak dan Keluarga. Departemen Psikologi Antioch University.

Kartika, L. T. 2015. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. simki.unpkediri.ac.id, (Online), diunduh 2 November 2016.

Lickona, T. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik.Bandung : Nusa Media.

Mansur, M. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa.Jakarta : Badouse Media.

Nursalim, M. 2015. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling.Jakarta : PT Indeks Permata Puri Media.

Prayitno. 1995. Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).Jakarta : Balai Aksara.

Romlah, T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok.Malang : Universitas Negeri Malang.

Suarez. 2006. Cinema Therapy untuk Anak.Jakarta : Departemen Psikologi Antioch University.

Susanti, R. H. 2015. Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP Melalui Penggunaan Teknik Klarifikasi Nilai. Ejournal.unikama.ac.id, (Online), diunduh 2 November 2016.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Suyadi. 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade