EVEKTIVITAS TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI RENDAH SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ULFATUL LATIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0183

Abstract

Ulfatul Latifah: Efektivitas Teknik Cinema Therapy untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Rendah Siswa Kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri siswa kelas VIII-A masih banyak yang memiliki rasa penerimaan diri yang rendah. Karena memiliki penerimaan diri yang rendah siswa tidak dapat menerima dirinya dengan apa adanya, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat menjaga hubungan baik antar teman sebayanya, mudah menyendiri karena tidak percaya diri, serta bersifat aggresif dengan berkelahi dengan temannya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan bimbingan dengan menggunakan teknik cinema therapy, yaitu teknik bimbingan dengan menggunakan film dalam rangka membantu meningkatkan wawasan klien serta meningkatkan penerimaan diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan penerimaan diri rendah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri?”. Setelah melihat permasalahan yang ada, maka tujuan umum diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan penerimaan diri rendah siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 2. Dalam penelitian ini variabel bebasnya (X) bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy dan variabel terikatnya (Y) adalah penerimaan diri siswa yang rendah. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tekni penelitian pre-eksperimental design dan teknik analisisnya menggunakan uji paired t-test dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018 dengan populasi 31 orang siswa dan diambil sampel sebanyak 7 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam 3 sesi, sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan angket penerimaan diri dan pedoman pelaksanaan menggunakan RPLBK. Dari hasil analisis data yang disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan hasil dari uji paired t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Karena 0,000 lebih kecil dari pada 0,05. Hal ini juga dibuktikan dari nilai thitung > ttabel atau 11,457 > 0,2447 sehingga dari penghitungan tersebut menunjukan bahwa teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan penerimaan diri rendah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang perlu dikemukakan adalah hendaknya para guru bimbingan dan konseling agar dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang bervariatif dan menyenangkan seperti teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII-A. Kata kunci: cinema therapy, penerimaan diri rendah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI