Efektifitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

EKA BUANA PUTRI TRISNAWATI MER
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0178

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti terhadap banyaknya siswa Kelas X SMK PGRI 3 Kediri yang berperilaku kurang disiplin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah teknik sosiodrama efektif diterapkan untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018? Perilaku disiplin adalah sikap yang taat terhadap sesuatu aturan yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan. Teknik sosiodrama adalah permainan peran yang ditunjukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-Experimental Design, dengan bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest dan pengumpulan data perilaku disiplin menggunakan angket perilaku disiplin. Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu pemberian pre-test, pemberian treatment bimbingan teknik sosiodrama dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket perilaku disiplin. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 113 siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri yang terdiri dari 5 kelas dan yang dijadikan sampel adalah 20% yaitu berjumlah 23 siswa merupakan perwakilan dari masing-masing kelas X SMK PGRI 3 Kediri dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, 23 siswa tersebut akan mendapat treatment teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan ujiwilcoxon yaitu jika nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05maka hipotesis alternatif diterima. Sebaliknya jika nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari 0,05 maka hipotesis alternatif ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,011, atau lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Maka hipotesis yang berlaku dalam penelitian ini adalah “Teknik sosiodrama efektif untuk meningkatan perilaku disiplin siswa di SMK PGRI 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan guru BK untuk membantu siswa yang mempunyai perilaku disiplin sangat rendah dengan menggunakan teknik sosiodrama.


Keyword

a

Reference

Azwar, S. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukuranya.Yokyakarta: Liberty.

Azwar, S. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukuranya.Yokyakarta: Liberty.

Bahri, S. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :RinekaCipta.

Daradjat, Z. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dedikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Menengah Umum (SMU). Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikdasmen.

Prayitno. 2013. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI