EFEKTIVITAS TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SIWI COLIFATIS SABATINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0175

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas XII IPS-3 SMA Negeri 5 Kota Kediri masih banyak ditemui yang memilki perilaku agresif tinggi seperti siswa mengejek, mengancam, berkata kasar, dan merusak barang ketika emosi. Akibatnya siswa sulit mengontrol perilaku dan emosinya. Hal tersebut akan berdampak negatif terhadap interaksi sosialnya dengan teman sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik psikodrama dalam mengatasi perilaku agresif siswa kelas XII IPS-3 SMA Negeri 5 Kota Kediri.Perilaku agresif sendiri merupakan perilaku fisik maupun verbal yang disengaja maupun tidak disengaja. Sedangkan bimbingan kelompok teknik psikodrama merupakan permainan peran yang dimaksudkan agar individu dapat menyadari perilaku yang ditimbulkannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian one group pretest-posttest design, pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 siswa dari populasi siswa kelas XII IPS-3 SMA Negeri 5 Kediri. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah motode analisis uji t menggunakan Uji Paired Sample T-Test.Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, hal itu terbukti dari nilai t hitung sebesar 36,338 > nilai t tabel yaitu sebesar 1,895 dan nilai signifikan < 0,05 ( taraf signifikansi sebesar 5% ). H0 ditolak dan Ha diterima, berarti bahwa penggunaan bimbingan kelompok teknik psikodrama efektif mengatasi perilaku agresif siswa kelas XII IPS-3 SMA Negeri 5 Kota Kediri.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan bimbingan kelompok teknik psikodrama efektif dalam mengatasi perilaku agresif. Oleh sebab itu sebagai pelaksana pembelajaran harus memberikan proses yang mendukung berjalannya suatu layanan bimbingan kelompok. (2) masih perlu dilakukannya penelitian terus menerus, untuk membuktikan apakah bimbingan kelompok teknik psikodrama sesuai dengan langkah-langkah dan teknik pelaksanaannya. KATA KUNCI : teknik psikodrama, perilaku agresif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI