EFEKTIVITAS EXPERIENTIAL LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAPAR


Author (Penulis)

MEIDA ERNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0173

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Papar masih banyak ditemui yang memiliki empati rendah seperti siswa saling mengejek, saling membenci teman yang satu dengan yang lain, apabila ada teman yang mengalami musibah atau sedang kesusahan cenderung acuh dan tidak mau tahu, kurangnya tolong menolong serta tidak saling menghargai. Maka rumusan masalah yang dikaji peneliti yaitu apakah experiential learning menggunakan media film efektif meningkatkan empati siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar. Empati merupakan kemampuan seseorang untuk memahami apa yang sedang dipikirkan maupun dirasakan orang lain dengan melakukan suatu tindakan nyata. Sedangkan experiential learning merupakan pembelajaran melalui pengalaman secara langsung yang membuat siswa aktif membangun pengetahuan, kemampuan, keterampilan serta nilai-nilai juga sikap, dan media film yaitu alat komunikasi berupa gambar hidup disertai suara untuk membantu menyampaikan informasi. Experiential learning menggunakan media film akan membantu siswa untuk meningkatkan rasa empati, karena media film formatnya menarik serta experiential learning tidak hanya mengajarkan pengalaman langsung tetapi juga berfokus pada proses masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan experiential learning menggunakan media film untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar Tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel 32 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, hal itu terbukti dari nilai t hitung yaitu 10.433 > nilai t tabel yaitu 1,696 dengan taraf signifikansi 5%. H0 ditolak dan Ha diterima, berarti bahwa experiential learning menggunakan media film efektif meningkatkan empati siswa kelas VII SMP Negeri 2 Papar. KATA KUNCI : experiential learning, media film, empati.

Keyword

experiential learning, media film, empati

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade