EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AMANATUS SOLIKHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0172

Abstract

Penelitian ini berawal dari survei peneliti yang menemukan bahwa di SMP PGRI 1 Kediri ada beberapa siswa yang mengalami kurang kepercayaan diri. Kurangnya kepercayaan diri siswa dapat terlihat pada perilakunya yang kurang berani mengemukakan pendapat, kurang mampu berpikir secara mandiri, pemalu, cenderung menutup diri. Hal ini merupakan suatu permasalahan yang harus diselesaikan untuk mendukung perkembangan siswa. Penyelesaian ini dapat dilakukan dengan memberikan layanan BK, salah satunya yaitu menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama karena teknik ini dapat digunakan untuk melatih keberanian siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Percaya diri diartikan sebagai suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimiliknya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Keyakinan tersebut yang akan memantapkan individu untuk memasuki lingkungannya dan dapat mencapai tujuan yang diharapkannya. Sedangkan definisi sosiodrama adalah permainan yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Pre-Experimental Design dengan rancangan one group pre test-post test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri yang berjumlah 129 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VIII B sebanyak 42 siswa sebagai sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari dua sampel yang saling berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, hal tersebut terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 Ho ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dikemukakan adalah hendaknya guru bimbingan konseling dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang bervariatif dan menyenangkan seperti teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. KATA KUNCI : teknik sosiodrama, kepercayaan diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI