KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI NAUTIKA A SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

GALEH SARI MEILINDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0170

Abstract

Abstrak Galeh Sari Meilindani: Keefektifan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Nautika A SMK Pelayaran Hangtuah Kediri, Skripsi, BIMBINGAN DAN KONSELING, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017 Kata Kunci : self management, prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti pada saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dimana masih banyak siswa-siswi SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi, seperti keterlambatan pengumpulan tugas sekolah, oleh sebab itu perlu dilakukan sebuah tindakan agar perilaku negatif siswa tersebut tidak berpengaruh pada kegagalan dalam belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah Teknik Self Management Efektif Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Nautika A SMK Pelayaran Hangtuah Kediri?”. Setelah melihat dari masalah prokrastinasi yang dialami siswa, maka tujuan umum diadakannya penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Keefektifan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Nautika A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Pre-Experimental Design, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket prokrastinasi akademik siswa. Peneliti memilih untuk menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Analisis data yang digunakan adalah dengan t-test. Pemilihan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 5 siswa. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini juga dibuktikan dari hasil nilai thitung 8.485 > ttabel 2,776, sehingga dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa teknik self management efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI Nautika A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini direkomendasikan kepada konselor apabila suatu saat ditemukan siswa yang mengalami permasalahan prokrastinasi akademik diharapkan dapat menerapkan teknik self management.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI