Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

NUR MUHAMAD RIFAI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0169

Abstract

Nur Muhamad Rifai: Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, BIMBINGAN DAN KONSELING, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMAN 6 KEDIRI masih banyak siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah, seperti masih banyaknya siswa yang bingung untuk menentukan pilihan studi lanjut setelah lulus dari sekolah menegah atas, hal ini bisa terjadi karena siswa yang tidak yakin atas kemampuan dirinya sendiri. Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah Teknik Diskusi Kelompok Efektif Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri ?”. Setelah melihat dari masalah diatas, maka tujuan umum diadakannya penelitian ini adalah “ Untuk Mengetahui Efektifitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Pre-Experimental Design, disini peneliti memilih untuk menggunakan One Group pretest-posttest Design. Analisis data menggunakan t-test. Pemilihan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel penelitian siswa kelas XI-IS 2 SMAN 6 Kediri tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 9 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 8 tahap yaitu, pretest, diskusi kelompok 6 kali, dan posttest, menggunakan panduan eksperimen teknik diskusi kelompok, dan angket efikasi diri. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 hal tersebut juga dibuktikan dengan sebesar 16.222 ? sebesar 2.306 yang berarti maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dari analisis tersebut menunjukkan bahwa teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas X SMAN 6 Kediri tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini direkomendasikan: 1. Kepada konselor apabila suatu saat ditemukan siswa yang mengalami permasalahan efikasi diri diharapkan dapat menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. 2. Peserta didik dapat meningkatkan efikasi dirinya tidak hanya ketika layanan bimbingan kelompok, namun juga dalam semua kegiatan disekolah maupun diluar sekolah agar mendapat hasil belajar yang maksimal. 3. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci : teknik diskusi kelompok, efikasi diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI