PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT
BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2
PLOSOKLATEN TAHUN AJARAN 2017 / 2018
Subur Dwi Bastyan
NPM. 13.1.01.01.0167
FKIP – Prodi Bimbingan dan Konseling
Email : 78bastiankk@gmail.com
Rosalia Dewi Nawantara, M.Pd dan Laelatul Arofah, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penggunaan media sosial merupakan bagian dari sistem komunikasi di seluruh dunia yang menggunakan sarana umum untuk menghubungkan perangkat keras dan mentransmisikan informasi digital, komunitas orang dengan menggunakan sebuah teknologi komunikasi yang umum dan mendistribusikan sistem informasi secara global. Kehadiran media sosial sewajarnya dapat menumbuhkan minat belajar siswa jika digunakan dengan tepat agar prestasi siswa dapat meningkat. Pada kenyataannya pemanfaatan media sosial sering kali disalahgunakan oleh siswa. Penggunaan media sosial yang paling sering digunakan oleh siswa yakni facebook, youtube, twitter, instagram, LINE, whatsapp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Plosoklaten Tahun Ajaran 2017 / 2018. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penelitian pengujian hipotesis asosiatif hubungan kausal yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan sebab akibat dari kedua variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plosoklaten. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sample dengan mengambil 25% dari kelas VIII-A sampai dengan kelas VIII-D dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket penggunaan media sosial dan skala psikologis minat belajar. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini yakni analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plosoklaten Tahun Ajaran 2017 / 2018. Hal ini dibuktikan dari hasil rhitung -0,978 > rtabel=0,266 dengan Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, konselor diharapkan untuk lebih memahami minat belajar siswa sehingga dapat diberikan layanan bimbingan yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa. Bagi konseli atau siswa diharapkan dapat membawa dampak positif agar lebih aktif dalam belajar dan lebih mandiri dalam materi pelajaran, tentunya dengan penggunaan media sosial secara positif dapat meningkatkan minat belajar siswa.
KATA KUNCI : penggunaan media sosial, minat belajar
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, A. 2011. Metode Penelitin Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Idris, S. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa SMPN 1 Kota Gorontalo. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Negeri Gorontalo .
Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.
Pibriana, D. 2017. Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jatisi. Vol 3 No 2 Hal. 104-105. Palembang.
Rasyidah, D. S. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Karangdowo Klaten. Skripsi. IAIN Surakarta.
Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1 Hal. 135-142. UPI Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Mengembangkan Minat Baca Pada Anak. Bandung: Angkasa.
Tamsuri, A. 2008. Buku Ajar Riset Keperawatan Edisi 1. Kediri: Pamenang Press.
Widyoko. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.