PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESI SISWA KELAS XI TSM SMK PEMUDA PAPAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ABDUL MUNIR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0162

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak siswa terlihat mempunyai perilaku agresi. Mulai dari saling memaki melalui perkataan yaitu menghina, mengumpat dan sebagainya, sampai pada saling memukul, mencubit dan sebagainya. Hal tersebut menjadi gejala mempunyai masalah perilaku agresi. Padahal berhubungan sosial yang baik sangat penting dalam kehidupan. Hubungan sosial yang kurang baik, akan berdampak negatif pada diri sendiri dan orang lain.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk menurunkan perilaku agresi siswa kelas XI TSM SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif teknik eksperimen dan menggunakan desain one group pretest postest dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus yaitu membuat instrumen berupa angket perilaku agresi untuk menjaring siswa yang mempunyai perilaku agresi, menggunakan RPLBK, skenario sosiodrama, kuisioner setelah pemberian perlakuan sosiodrama.

Dalam penelitian ini sampel sebanyak 7 siswa dari kelas XI TSM yang terdiri dari 33 siswa. Proses analisis menggunakan Korelasi Product Moment dan Uji-t. Rata-rata hasil pretest sebesar 1.28432 dan postest sebesar 86.0000. Hasil pengujian hipotesis dengan Uji-t menunjukkan efektif yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap penurunan perilaku agresi  siswa kelas XI TSM SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri. Hasil Uji-t tersebut diperoleh 16.266 dan t-tabel 1,943. Hal tersebut artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan taraf signifikan 5% (0,05). Maka hasilnya Ho ditolak yang berarti efektif yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap penurunan perilaku agresi siswa kelas XI TSM SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Dari penelitian ini dapat disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) Bagi konselor diharapkan dapat menggunakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama apabila suatu saat menjumpai beberapa siswa yang mengalami perilaku agresi. (2) Bagi siswa diharapkan agar mampu mengendalikan diri dan selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini.


Keyword

a

Reference

Hammi, I.M. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Faktor Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak Usia Sekolah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Nurhasanah. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meminimalisir Kebisaan Remaja Mengakses Cybersex di SMA Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Pradana & Rizqi, C. 2014 Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Agresifitas Siswa Kelas VIII-H MTsn Mojosari. Undergraduate Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Restu, Y. & Yusri. 2013. Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Universitas Negeri Padang.

Shalahuddin, M. 2014. Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Siswa Terisolasi. Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syumanja, P.K. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Mencegah Kenakalan Remaja Siswa SMA Negeri 1 Hinai Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Winarlin, R. 2016. Efektifitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Jurnal Kajian Bmbingan Konseling, 1 (2). Universitas Negeri Malang.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI