KEEFEKTIVAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA KELAS X DI SMK PGRI 3 KEDIRI


Author (Penulis)

AHMAD HAMDAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0157

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil survey, pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap siswa di sekolah yang menunjukkan bahwa adanya suatu permasalahan yaitu perilaku disiplin diri siswa yang rendah, seperti siswa datang terlambat, tidak masuk tanpa alasan, dan meninggalkan kelas saat jam pelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah tindakan konseling kelompok dengan teknik self management agar siswa memiliki disiplin diri yang tinggi sehingga dapat membentuk perilaku yang baik dan sesuai ketika di sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa?”. Setelah melihat permasalahan di atas, maka tujuan umum dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin diri siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji t-test. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian sebanyak 5 siswa diambil dari kelas X Akuntansi SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam enam kali pertemuan dengan menggunakan panduan eksperimen teknik self management dan skala disiplin diri.Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t (paired sample t test) diperoleh hasil thitung  sebesar 10.080 dan ttabel  sebesar 2,132, sehingga thitung  > ttabel , maka (Ho) ditolak (Ha) diterima sehingga konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 3 Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan disiplin diri siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management menunjukkan kategori sedang dan rendah, dan  sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor diharapkan mampu memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management ini secara optimal apabila suatu saat menemukan masalah terkait disiplin diri. (2) Diharapkan para siswa mampu memecahkan masalahnya sendiri melalui self management agar termotivasi untuk terus memiliki disiplin diri yang tinggi di sekolah. (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mampu mengembangkan dan mengkaji permasalahan ini lebih dalam lagi terutama yang belum bisa terungkap dalam penelitian ini.

 

KATA KUNCI  : konseling kelompok, teknik self management, disiplin diri


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

 

Corey, G. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

 

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: “Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”. Jakarta: Erlangga.

 

Komalasari, G. dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT .Indeks.

 

Ramli, M. 1999. Developing Student Self Discipline. Jurnal Filsafat, Teori, dan Praktik Kependidikan, 26 : 12-21.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Urandjan, D. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI