KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 3 GROGOL TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

IKA RIMA HADE YANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0156

Abstract

Abstrak Kata kunci: teknik modelling, motivasi berprestasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti pada saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dimana masih banyak siswa-siswi di UPTD SMP NEGERI 3 GROGOL yang memiliki motivasi berprestasi rendah, hal tersebut ditunjukkan melalui perilaku sejumlah siswa seperti sering ramai saat guru menjelaskan di depan kelas, sering tidak mengerjakan tugas, sering membolos saat pelajaran, sering tertidur di kelas. Dari berbagai masalah tersebut harus segera diatasi agar tidak berdampak pada hal negatif lainnya, seperti menurunnya prestasi belajar, sampai tidak naik kelas. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah teknik modelling efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII-C di UPTD SMP Negeri 3 Grogol?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Pre-Experimental Design, terdapat beberapa macam jenis didalam desain Pre-Experimental tetapi disini peneliti memilih untuk menggunakan One Group pretest-posttest Design. Analisis data yang digunakan adalah dengan t-test. Pemilihan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel penelitian siswa diambil dari kelas VIII-C UPTD SMP NEGERI 3 GROGOL. Penelitian dilaksanakan dalam 6 tahap yaitu, pretest, konseling sesi 1, konseling sesi 2, konseling sesi 3, konseling sesi 4, dan posttest, menggunakan panduan eksperimen teknik modelling, dan skala motivasi berprestasi. Kesimpulan dari proses dan keseluruhan hasil penelitian tentang keefektifan penggunaan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII-C di UPTD SMP NEGERI 3 GROGOL adalah diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2.852 > 2.132. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik modelling efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII-C di UPTD SMP NEGERI 3 GROGOL. Setelah diberikan teknik modelling, motivasi berprestasi siswa mengalami peningkatan dari hasil sebelum dan sesudah diberikan treatment. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini direkomendasikan: 1) Konselor dapat menggunakan konseling dengan teknik modelling apabila suatu saat ditemukan siswa yang mengalami permasalahan yang terkait dengan motivasi berprestasi. 2) Diharapkan pada siswa agar mampu memahami diri, mengenali diri dan dapat mengungkapkan perasaan-perasaannya dengan baik sehingga dapat memotivasi diri sendiri. 3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI