EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
HIDAYATUL KHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0152
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMPN 3 KEDIRI masih terdapat beberapa siswa yang memiliki perilaku membolos. Perilaku tersebut ditunjukkan melalui beberapa pelanggaran tata tertib sekolah, seperti siswa datang terlambat di sekolah, siswa membolos dengan cara: meninggalkan pelajaran yang sedang berlangsung, tidak memiliki kelengkapan belajar, berhari-hari tidak masuk sekolah, tidak masuk kembali ke dalam kelas setelah minta ijin dan tidak masuk kelas lagi setelah jam istirahat. Oleh sebab itu perlu dilakukan sebuah tindakan konseling dengan teknik self-management, agar perilaku-perilaku negatif siswa tersebut tidak berimbas pada teman lain, atau bahkan hingga berpengaruh pada kegagalan dalam studinya. Permasalahan peneliti ini adalah “Apakah teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018?”. Setelah melihat dari masalah diatas, maka tujuan umum diadakannya penelitian ini adalah “Untuk mengetahui efektivitas teknik self management untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik One Group pretest-posttest Design. Analisis data yang digunakan adalah dengan t-test. Pemilihan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel penelitian 5 siswa diambil dari kelas VIII-E SMP Negeri 3 Kediri. Penelitian dilakukan dalam 4 kali pertemuan, menggunakan panduan eksperimen teknik self management, dan skala perilaku membolos. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan konseling dengan teknik self-management untuk mengurangi perilaku membolos siswa, diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11.006 > 2,132. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor/ Guru BK dapat menggunakan konseling dengan teknik self management apabila suatu saat ditemukan siswa yang mengalami permasalahan terkait dengan perilaku membolos. (2) Diharapkan pada siswa agar mampu menyikapi kondisi dari dalam diri dan sekitar yang mungkin dapat memberikan pengaruh negatif terhadap diri dan kurang mendukung untuk melakukan hal-hal yang positif.
KATA KUNCI : teknik self management, perilaku membolos.