KEEFEKTIFAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RIZA IKA ARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0145

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa di SMPN 8 Kediri kurang memiliki empati terhadap sesama dan belum adanya tindakan dari guru Bimbingan Konseling untuk permasalahan tersebut. Akibatnya siswa semakin kurang memiliki kepedulian terhadap kondisi dan keadaan disekitar. Sedangkan permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan empati siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik sosiodrama dalam meningkatkan empati siswa. Dalam permainan teknik sosiodrama siswa akan dapat menghayati dan memahami peran yang dimainkan. Hal ini membuat kognitif dan afektif siswa bekerja sehingga mampu meningkatkan empati dalam dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen design dengan bentuk nonequivalent control gruop design. Instrumen yang digunakan adalah skala empati dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Dalam penelitian ini terdapat kelompok eksperimen yang diberikan treatment berupa teknik sosiodrama dan kelompok kontrol yang diberikan bimbingan kelompok yang biasa diberikan disekolah yaitu dengan diskusi kelompok. Hasil dari analisi data menggunakan uji t menunjukkan t_(hitung ) sebesar 2,787 sedangkan t_(tabel ) sebesar 2,145. Sehingga t_(hitung ) lebih besar dari t_(tabel ) dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan empati siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Orang tua sebaiknya menanamkan empati dengan senantiasa memberikan contoh didalam kehipudan sehari-hari;(2) Siswa seharusnya lebih dapat peduli dengan keaadaan dan kondisi di sekitar; (3) Guru Bimbingan Konseling hendaknya meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling khususnya penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI