KEEFEKTIFAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI KELAS XI TKR TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

EMILIA DWI PURWANING DARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0144

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman penelitian bahwa banyaknya perilaku membolos siswa yang tinggi di SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Banyaknya perilaku membolos siswa dapat menimbulkan dampak negatif seperti halnya tidak naik kelas, gagal dalam ujian, dan tidak naik kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah teknik asertif efektif untuk menurunkan perilaku membolos siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri”. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku membolos siswa kelas XI TKR melalui teknik asertif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Didalam teknik tersebut memiliki kelompok eksperimen kelas (XI TKR) dan kelompok kontrol kelas (XI TKJ).Kelompok eksperimen diberikan teknik asertif, dan pada kelompok kontrol hanya diberikan teknik pada umumnya yang ada disekolah. Metode pengambilan sampelyang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak enam siswa dari kelompok eksperimen dan enam siswa dari kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji independent sample t-test dengan hasil perhitungan thitung sebesar 3,879 dan ttabel sebesar 2,228 taraf signifikan sebesar 5% menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 23. Kesimpulan hasil penelitan ini menunjukkan bahwa teknik asertif efektif untuk menurunkan perilaku membolos siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini bagi guru BK dapat menggunakan teknik asertif untuk mengatasi permasalahan perilaku membolos dan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci: teknik asertif, perilaku membolos.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI