EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA DENGAN TEKNIK WDEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDIRI


Author (Penulis)

UDIN FITRI HIDAYAT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0143

Abstract

ABSTRAK Udin Fitri Hidayat: Efektivitas Konseling Kelompok Realita Dengan Teknik Wdep Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI- Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah I Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyaknya siswa yang memiliki perilaku motivasi belajar rendah.Hal tersebut nampak ketika pembelajaran berlangsung, di mana siswa menunjukan prilaku; (1) Kurangnya perhatian terhadap pelajaran; (2) Memiliki ketergantungan kepada orang lain; (3) Mengerjakan tugas jika di paksa; (4) Sering terlambat dalam mengumpulkan tugas; (5) Mudah mengeluh ketika ada tugas.Permasalahan penelitian ini adalah apakah konseling kelompok realita dengan teknik WDEP efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI- administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah I Kediri tahun pelajaran 2017/2018?Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan konseling kelompok realita dengan teknik WDEP untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Pemberian hukuman pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah tidak ada perubahan perilaku yang signifikan.Maka dalam hal ini perlu adanya alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengunaan teknik WDEP ini, konselor mengajak konseli untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya motivasi belajar dengan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dengan mengeksplorasi dan menilai prilaku–prilaku konseli khususnya prilaku yang kurang bertanggung jawab yang mengakibatkan motivasi belajar rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dan design penelitian adalah quasi experiment design dengan jenis nonequlivalent control group design. Populasi yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 14 siswa kelas XI-Adminitrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah I Kediri dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian menggunakan instrumen berupa skala motivasi belajar.Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji t-test sample independent. Berdasarkan hasil analisis uji t-test sample independent.T-hitung 5, 081 t-tabel 2, 179 taraf sig 5% sehingga t-hitung > t-tabel sehingga Ho di tolak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok realita dengan teknik WDEP efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini adanya saran (1) bagi konselor/guru sebaiknya perlu mengembangkan konsep dalam memberikan perlakuan. (2) bagi siswa sebaiknya mampu menerapkan prilaku motivasi belajar yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. (3) bagi peneliti selanjutnya dapat memberikan perlakuan yang berbeda untuk meminimalisir motivasi belajar siswa yang rendah. Kata kunci: konseling kelompok, teknik wdep, motivasi belajar siswa

Keyword

KONSELING KELOMOK REALITA, MOTIVASI BELAJAR

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade