EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK REBT TEKNIK BEHAVIORAL UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

RENGGA YULIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0139

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan beberapa siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Gejala anak yang prokrastinasi akademik dilihat antara lain sering menunda tugas sekolah. Perilaku tersebut akan memengaruhi proses belajar siswa, sehingga siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok REBT dengan teknik behavioral untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas X di SMK Muhamadiyah 2 Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian Quasi Experiment. Desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi prokrastinasi akademik dengan populasi berjumlah 233 siswa dan sampel penelitian berjumlah 15 siswa dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling.Berdasarkan hasil penelitian maka dilakukan pengolahan data yakni dengan menggunakan uji t-test analisis teknik Independent sample t-test. Uji Independent sample t-test merupakan suatu metode digunakan untuk menguji dua sample yang berpasangan, keduanya mempunyai rata-rata yang secara nyata berbeda atau tidak. Dari uji Independent sample t-test didapat hasil t hitung = 2,566 dan t tabel = 2,179   (t hitung > t tabel) yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho, dengan demikian dapat berarti bahwa konseling kelompok REBT dengan teknik behavioural efektif untuk menurunkan prokrastinasi akademi. Hasil penelitian direkomendasikan pada (1) Guru BK, agar dapat memperhatikan dan membantu siswa dalam menurunkan prokrastinasi akademik siswa dengan teknik behavioural dalam layanan konseling kelompok REBT, (2) Siswa diharapkan supaya mampu menurunkan prokrastinasi akademik sehingga siswa mampu memiliki prestasi yang baik di sekolah maupun di rumah, (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang prokrastinasi akademik dan untuk peneliti yang mengkaji permasalahan sama dapat memberikan treatment yang berbeda agar menambah referensi tentang prokrastinasi akademik.


Keyword

Konseling Kelompok, REBT, Prokrastinasi Akademik

Reference

Apriansyah, Dolly. 2014. Kontribusi Kelincahan Dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pemain Sepak Bola Ps. FKIP UNDIB Kota Bengkulu. Disertasi.Tidak dipublikasikan, Bengkulu: FKIP UB.

Arikunt. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin.2011. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Corey, Gerald. 2010. Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

Fantashi, Burhan. 2014. Bimbingan dan Konseling: Konseling REBT (Rational Emotive Bahavior Therapy). (Online). Tersedia; http//bimbingan dan konseling 07.blogspot.co.id/2012/rebt-rational-emotive-behavior-therapy. html, diunduh 25 Januari 2017

Fibrianti. (2009). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uiversitas Diponegoro. (Online). Tersedia http//wecbache.googleusercontent.com/search?a=cache;mDajNzXPS38J:eprints.undip/ac.id/1057/1/SKRIPSI.pdf+jurnal+prokrastinasi+akademik.pdf&hl=id&gid, diunduh 30 Desember 2016.

Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Komalasari. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy

Latipun.2011. Psikologis Konseling. Malang: UMM Press

Muhammad, Surya. 2003. Teori – Teori Konseling. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy


PUBLISHED

2020-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade