EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMINIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

PRASTA IRAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0137

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti ternyata di kelas VIII peserta didik memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang masih relatif rendah. Hal ini dibuktikan kurangnya empati siswa, kurangnya keterbukaan terhadap teman, tidak memiliki ketrampilan sosial yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII H SMP Negeri 7 Kediri melalui bibingan kelompok teknik sosiodrama. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik penelitian Quasi Eksperimental desaign dengan menggunakan Pre-Post Control Group design. Didalam teknik tersebut memiliki kelompok eksperimen VIII H dan kelompok kontrol kelas VIII J dimana kelompok eksperimen diberikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan teknik pada umumnya.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel atau sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan menggunakan sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini sebanyak delapan siswa dari kelompok eksperimen dan delapan siswa dari kelompok kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t-test sample independent dengan taraf singnifikan sebesar 5% menggunakan bantuan SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari hasil penelitian ini berdasarkan uji independent sample t-test menyatakan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (12,262 >2,145) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bimbingan kelompok teknik sosiodrama yang diberikan pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 7 Kediri dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Saran penelitian ini bagi (1) agar siswa mampu terampil dalam berkomunikasi interpersonal, (2) Guru BK hendaknya dalam memberikan layanan kepada siswa menggunakan teknik dalam bimbingan yang bervariasi agar siswa antusias dalam mengikuti bimbingan konseling agar proses yang inggin dicapai berjalan maksimal. KATA KUNCI : bimbingan kelompok teknik sosiodrama, keterampilan komunikasi interpersonal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI