HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018


Author (Penulis)

CITRA RIZKY HERNA DINATA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0133

Abstract

Efikasi diri adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Sedangkan perilaku prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik atau kinerja akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti kepada beberapa siswa yang sebagian besar sering terlambat dalam mengumpulkan tugas. Maka rumusan masalah yang dikaji peneliti yaitu adakah hubungan antara efikasi diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Al Huda Kota Kediri tahun pelajaran 2017/ 2018.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan efikasi diri yang di miliki siswa terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Al Huda Kota Kediri.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Al Huda Kota Kediri dengan jumlah 93 siswa. Pengambilan sempel menggunakan teknik disproprortionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Sedangkan analisis data menggunakan analisis uji r (Korelasi Product Moment) dengan bantuan SPSS 22. Instrumen penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Dari hasil analisis, dapat dilihat bahwa nilai rhitung -0,343.  Sedangkan rtabel dengan  n = 45 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,294. Berarti rhitung lebih besar dari rtabel  (rhitung (-0,343) > rtabel (5% = 0,294). Dengan demikian dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Al Huda Kota Kediri tahun pelajaran 2017/ 2018. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rendahnya efikasi diri yang dimiliki siswa yang menyebabkan tingginya perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan kepada : (1) guru mata pelajaran diharapkan lebih intensif memperhatikan siswa, memberikan semangat serta motivasi dalam belajar agar jumlahnya tidak berkurang, (2) diharapkan siswa selalu optimis dan selalu berusaha untuk meningkatkan target keberhasilan, (3) konselor agar lebih aktif dalam layan bimbingan dan konseling agar lebih dekat dengan siswa untuk mebantu mengatasi permasalahn yang dialami siswa.

 

 

Kata Kunci : efikasi diri, prokrastinasi akademik


Keyword

EFIKASI DIRI, PROKRASTINASI AKADEMIK

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010.  Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York: Academic Press. (Online).

Ferrari, J.R., Beck, B.L. (1996). Affective Response Before and After Fraudulent Excuses by Academic Procrastinators. (online).

Ghufron M. Nur & Risnawati R. S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Irawati, Dwi. 2015Hubungan Antara Kesadaran diri dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi, (Online).

Nuruddin, Ilham. 2010. Hubungan Antara Self- Efficasy dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa MA Al-Hidayah Wajik Malang. Naskah Publikasi, (Online).

Styawan. 2015. Hubungan Antara  Asertivitasdengan dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Naskah Publikasi, (Online).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, (Online).

Widanarti, N & Indati, A. 2002. Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Self Efficacy pada Remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi. No 2, 112-123. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade