PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X NAUTIKA A DI SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI


Author (Penulis)

MARIA YODESTA FISHNESIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0132

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pola asuh orang tua yang tidak baik mengakibatkan motivasi belajar pada anak menjadi rendah. Hal ini dapat menghambat anak dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X Nautika A di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X Nautika A di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian korelasi atau korelasional. Pada penelitian ini, sampel penelitiannya berjumlah 20 siswa, maka teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa skala psikologis yaitu skala psikologis pola asuh orang tua dan skala psikologis motivasi belajar. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Pearson Correlation dan cara perhitungannya dibantu dengan menggunakan program IMB SPSS 23 for Windows. Uji Pearson Correlation menghasilkan nilai rhitung  sebesar 0,978. Hal ini berarti lebih besar dari nilai rtabel  (untuk taraf signifikansi 5%) sebesar 0,444. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X Nautika A di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada: (1) Orang tua hendaknya dalam membimbing dan mendidik anak dapat menerapkan pola asuh yang demokratis agar anak mampu meningkatkan motivasi belajarnya. (2) Guru BK diharapkan dapat menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik dengan orang tua siswa agar dapat menerapkan pola asuh yang demokratis terhadap anak serta membantu siswa yang mengalami masalah terkait dengan motivasi belajar. (3) Siswa diharapkan dalam belajar mampu meningkatkan motivasi belajarnya yang lebih tinggi.


Keyword

a

Reference

Azwar, S. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

 

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Thalib, S.B. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

 

Uno, H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pengajaran. Terjemahan Kartini Kartono. 2000. Yogyakarta: Media Abadi.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI