Keefektifan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

TITI WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0127

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyaknya siswa yang memiliki kontrol dirinya rendah di SMA Negeri 3 Kediri. Siswa yang memiliki kontrol diri rendah membuat individu tidak dapat mengatur dan mengarahkan dirinya, maka dari itu diperlukan cara untuk membantu siswa dalam meningkatkan kontrol diri.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik self management efektif untuk meningkatkan kontrol diri pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kediri. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui keefektifan teknik self management untuk meningkatkan kontrol diri pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kediri. Di dalam teknik self management ini untuk melatih individu dapat mengelola dan mengatur perilakunya sendiri secara baik didalam diri individu seperti pikiran, perasaan, perbuatan maupun tingkah lakunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent control group design, didalam design tersebut terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan teknik self management dan pada kelompok kontrol diberikan teknik yang digunakan di sekolah yaitu teknik realita.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kediri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data di peroleh melalui instrumen skala kontrol diri. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji t-test dengan uji independent sample t-test yang dibantu dengan menggunakan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian ini diperoleh thitung > ttabel yang berarti t hitung sebesar 4,906 dan ttabel sebesar 2,228. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self management efektif untuk meningkatkan kontrol diri siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kediri Tahun 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan: (1) Bagi guru BK diharapkan dapat memberikan layanan untuk meningkatkan kontrol diri siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini. KATA KUNCI : Teknik Self Management, Kontrol Diri

Keyword

Teknik Self Management, Kontrol Diri

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade