HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN SELF-CONTROL SISWA KELAS XI KEPERAWATAN SMK BHAKTI NORMA HUSADA NGANJUK


Author (Penulis)

ERLIN ARIA ANDIKAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0124

Abstract

ABSTRAK
Erlin Aria Andikawati: Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Self-Control Siswa Kelas XI Keperawatan SMK Bhakti Norma Husada Nganjuk, Bimbingan dan Konseling, FKIP, UN PGRI Kediri, 2019.
Penelitian ini berdasarkan observasi permasalahan siswa dimana pola asuh otoriter orangtua berdampak negatif terhadap perilaku anak. Anak akan sulit mengontrol diri dari pengaruh teman sebaya. Dalam keluarga, anak merupakan hubungan interaksi yang intim. Segala sesuatu yang diperbuat orangtua dapat mempengaruhi anak. Orang tua memberikan dasar pembentukan tingkahlaku, watak, moral dan pendidikan terhadap anak dalam lingkup pergaulan dengan masyarakkat ataupun teman sebaya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter orangtua terhadap self-control siswa kelas XI keperawatan SMK Kesehan Bhakti Norma Husada Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik yang digunakan menggunakan korelasional. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling purposif digunakan sebanyak 30 responden dan dianalisis menggunakan uji korelasi dengan software SPSS for windows versi 23. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket.
Hasil penelitian yang berjudul hubungan pola asuh otoriter dengan self-control siswa kelas XI Keperawatan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh pola asuh otoriter dengan self-control siswa kelas XI Keperawatan, Pola asuh otoriter responden tergolong baik, hal tersebut terbukti dengan hasil jawaban responden. Serta hasil uji analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan hasil nilai r hitung sebesar 0,469 > r tabel 0,361 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis jika nilai signifikansi < taraf signifikan 5%.
Berdasarkan simpulan dari penelitian ini agar penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang hubungan pola asuh otoriter dengan self-control. Adapun saran dalam penelitian ini orangtua/wali hendaknya meningkatkan pola asuh yang lebih baik lagi, supaya dapat menciptakan self control yang lebih baik dan positif.
KATA KUNCI : pola asuh otoriter dan self-control.


Keyword

pola asuh otoriter, self-control

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Cetakan Keduabelas Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Azhar, M. 2012. Akar masalah tawuran. http://sosbud.kompasiana.com.html. Diunduh pada tanggal 2 Februari 2019.
Burns, R. B. 1993. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Arcan
Chaplin. J.P. 2002. Kamus lengkap psikologi. Cetakan Keenam. Penerjemah. : Kartiko, K. Jakarta : PT. Raja Grafika Persada.
Cross. 2009. Parenting style. University of california, Berkeley.
Djalali, M.A. 2009. Pola kepemimpinan orang tua dan agresivitas remaja. http://drmasda.wordpress.com. Diunduh pada tanggal 2 Januari 2019 pukul 13.45
Gunarsa. Singgih D. 1995. Psikologi Remaja. Jakarta:BPK Gunung Mulia.
Hurlock, E.B. 1990. Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentan kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E.B. 2002. Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentan kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Maulida, M. 2008. Hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku coping pada remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia.
Pujijogyanti, Clara Rosa. 1998. Konsep Diri Dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan.
Rina. 2011. Faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku agresif pada remaja kelas II,IIIdi SMP Pahlawan Toha Bandung. Jurnal Kesehatan Prima, 2(3). 14.
Santrock, J.W. (2007). Adolesence (terjemahan: Shinto B.Adelar dan Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Sumiharti). Jakarta: Erlangga.
Shochib. 2000. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabet
Susan Irawati. 2006. Self control. Pustaka: Bandung.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade