PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK FOCUS GROUP DISCUTIION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TKR SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

DHESMA PRASETIYO W
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0123

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kurangnya minat belajar pada siswa di SMK PGRI 4 Kota Kediri mengkhawatirkan, memprihatinkan, sebagai contoh ketika jam belajar mulai banyak siswa yang tidak memperhatikan penjalasan dari gurunya, mengobrol dengan teman sebangku, bemain game online, chating dengan teman dan  tidak sedikit pula lebih memilih keluar kelas atau malah tidak mengikuti pelajaran. Alasan itulah yang mendorong peneliti untuk memilih judul penelitian tentang penerapan bimbingan kelompok tenik Focus Group Descution dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh bimbingan kelompok teknik FGD terhadap meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR di SMK  PGRI 4 KOTA Kediri Tahun Ajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian pre-experimental design. Design yang digunakan bentuk “one-group pretest-posttest design adalah rancangan yang digunakan dalam satu kelompok subjek.

Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan secara langsung dengan populasi berjumlah 98 siswa dan sampel penelitian berjumlah 10 siswa yang dijadikan sampel adalah siswa yang memperoleh nilai minat belajar dengan kategori rendah (57-100) dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan).

Berdasarkan dari hasil teknik uji t merupakan teknik statistik yang dipergunakan untuk menguji signifikansi perbedaan dua buah mean yang berasal dari dua buah distribusi. Untuk minat belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik focus group descution dalam bimbingan kelompok siswa kelas X TKR SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan thitung= 5,650 > ttabel= 2,228 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho, dengan demikian ada pengaruh signifikan teknik focus group descution terhadap minat belajar siswa kelas X TKR SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.

Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan (1) bagi kepada sekolah khususnya guru, agar dapat memperhatikan dan membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan cara teknik focus gruop disscution dalam bimbingan kelompok. (2) bagi siswa diharapkan supaya mampu mengontrol dan meningkatkan minat belajar siswa yang tinggi akan memiilki prestasi yang baik di sekolahnya maupun di rumah.


Keyword

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK FOCUS GROUP DISCUTIION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Reference

Aritonang. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Jakarta.

Andiprastowo.2008. Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Araska.

Irwanto.2007. Psikologi Umum. Jakarta: PT Prenhallindo.

Oktavian. 2015. Media Pembelajaran. Solo: Yuma Pustaka

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Singgih Santoso. 2015. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman. 2005. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade