HUBUNGAN PERAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KEDIRI


Author (Penulis)

BELLA RIZKY WIMALASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0121

Abstract

BELLA RIZKY WIMALASARI : Hubungan Antara Peran Keluarga Dan Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMAN 7 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2018 Kata kunci : peran keluarga, teman sebaya, komunikasi interpersonal siswa. Pembagian kelas melalui hasil tes IQ dan menimbulkan adanya perbedaan di dalamnya sehingga komunikasi yang terjalin belum dapat dilakukan secara maksimal. Sikap individualisme yang ditonjolkan masing-masing siswa mengakibatkan komunikasi yang terjadi kurang begitu efektif. Selain dari peran teman sebaya, peran keluarga juga sangat penting dalam kaitannya dengan komunikasi interpersonal siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran keluarga dan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 55 siswa dari populasi 383 siswa pada kelas X di SMAN 7 Kediri. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologis. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data statistik korelasi product moment. Uji statistik dengan menggunakan uji Corelation Pearson Product Moment diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,035 < 0,05 dan 0,001< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan peran keluarga dan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 7 Kediri Tahun ajaran 2017/2018. Kekuatan peran keluarga dan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 7 Kediri tahun ajaran 2017/2018 dalam kategori kuat karena besarnya corelation coefficient sebesar 0,284 dan 0,431. Sedangkan arah hubungan positif (+) yaitu semakin tinggi komunikasi interpersonal siswa maka peran keluarga dan teman sebayanya akan semakin tinggi. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, mulai dari pengumpulan data, dan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X SMAN 7 Kota Kediri diberikan skala psikologis mengenai peran keluarga, peran teman sebaya, dan komunikasi interpersonal Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh keputusan bahwa p-value 0,035 dan 0,001 < 0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima, yaitu terdapat hubungan antara peran keluarga dan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu adanya hubungan yang positif antara peran keluarga dan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal maka diharapkan siswa lebih meningkatkan hubungannya dengan orang tua dan teman sebayanya agar kemampuan komunikasi interpersonalnya lebih baik dan efektif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI