PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PENURUNAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X SMK N 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

VIRLIANA RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0120

Abstract

VIRLIANA RAHMAWATI. Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Terhadap Penurunan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X-Tpm2 Smkn 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri,2017. Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik psikodrama, prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti ketika melaksanakan praktik mengajar. Bahwa pembelajaran dikelas dengan seringkali melibatkan berbagai faktor seperti halnya guru mata pelajaran, teman, serta kondisi proses pembelajaran. Sehingga akan memberikan pengaruh atau dampak kepada siswa, beberapa hal tersebut menyebabkan siswa seringkali mengalami penundaan tugas yang diberikan oleh guru. Tugas seorang siswa yaitu mengerjakan tugas dan belajar, namun jika sudah terpengaruh oleh beberapa faktor di atas maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai pemicu terjadinya penundaan tugas. Kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik tidaklah dimilki oleh semua siswa, untuk itu bimbingan kelompok teknik psikodrama merupakan salah satu permainan peran dimana individu yang mengalami prokrastinasi akademik akan memerankan/sebagai pemeran utama dengan begitu siswa akan memperoleh beberapa pengalam baru dengan mempraktikkan skenario yang telah dibuat. Permasalahan penelitian ini adalah ada atau tidaknya pengaruh penerapan bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap penuruan perilaku prokrastinasi akademik siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan subyek penelitian siswa kelas X-TPm 2 SMK Negeri 1 Kediri, teknik penelitian ini dilaksanakan dengan cara pre-eksperimen design dan menggunakan jenis one-group pretest-posttest design yaitu dengan memberikan skala sebelum dan setelah diberi perlakuan. Proses analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji paired samples test menyatakan bahwa ada penurunan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa setelah diberikan bimbingan kelompok teknik psikodrama. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 22,603 dan ttabel sebesar 1,943. Sehingga22,603 > 1,943 pada taraf signifikan 5% H0 ditolak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan sebagai saran yaitu: Diharapkan bagi guru BK atau Konselor dapat menerapkan bimbingan kelompok teknik psikodrama dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Guru BK masih perlu untuk meneliti terus menerus agar mampu memberikan temuan ilmu yang akan menambah ilmu Bimbingan dan Konseling.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI