ABSTRAK
MUHAMMAD EMIL EFENDI: Efektivitas Bimbingan Kelompok Expository Techniques Untuk Memperbaiki Sopan Santun Siswa Kelas X TPM DI SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun 2018, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammdiyah (SMK) 2 Kediri banyak siswa yang tidak memiliki sopan santun dalam bersosialisasi baik itu dalam berkomunikasi dengan guru atau dengan temannya seperti yang banyak dilakukan oleh siswa. Pada saat berbicara baik dengan guru atau teman jawabnya tidak mengunakan bahasa yang baik dan siswa sering sekali berkata jorok dengan siswa lawan jenisnya. Dan peneliti mengambil Expository Techniques untuk meningkatkan sopan santun siswa.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok Expository Techniques untuk memperbaiki sopan santu Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen teknik yang digunakan berupa bimbingan kelompok expository techniques . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel cluster digunakan sebanyak 22 responden dan dianalisis menggunakan uji t pretest dan posttest dengan software SPSS for windows versi 23. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan instrumen sopan santun. Hasil penelitian expository techniques dapat memperbaiki sopan santun Siswa Kelas X TPM di SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019, yang ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikan uji t < 0,05. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini agar penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang Efektivitas Bimbingan Kelompok Expository Techniques Untuk Memperbaiki Sopan Santun (Sosial Emosional). Saran untuk guru BK di sekolahan untuk menggunakan bimbingan kelompok expository techniques bila menemukan masalah tetntang sopan santun di sekolah.
KATA KUNCI : bimbingan kelompok expository techniques dan sopan santun.
DAFTAR PUSTAKA
Ita Roshita. 2015. Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama di SMP N 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan - Jawa Tengah. Diakses 22 Juni 2018.
Romlah, T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas. Malang.
Sugiyono. 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabet