HUBUNGAN KEDISPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB DENGAN KONSEP DIRI TARUNA-TARUNI SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DWI PUSPARAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0114

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan sekolah dalam memberi pemahaman dan membina karakter disiplin dan tanggung jawab serta membentuk konsep diri siswa kelas XII SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Kedisiplinan dan tanggung jawab siswa tidak akan muncul begitu saja pada diri siswa jika tidak didasari dengan konsep diri yang baik. Hal ini menyebabkan siswa akan mematuhi peraturan yang berlaku disekolah secara terpaksa, setiap pelanggaran tata tertib akan mendapatkan sanksi melalui ketarunaan sebagai konsekuensi akan tetapi pelanggaran-pelanggaran serupa tetap saja terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dan tanggung jawab dengan konsep diri taruna-taruni kelas XII SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik yang digunakan berupa korelasional. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh/total digunakan sebanyak 70 responden dan dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data variabel kedisiplinan, tanggung jawab dan konsep diri adalah berbentuk kuesioner. Hubungan antara kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap konsep diri yang ada pada responden sudah cukup baik namun masih harus ditingkatkan. Berdasarkan hasil perhitungan bahwa dapat diketahui nilai F hitung yaitu sebesar 8,396 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (8,396 > 3,128 dan 0,001 < 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak dan berartti ada hubungan antara kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap konsep diri taruna-taruni SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Ajaran2017/2018. Hasil penelitian (1) Ada hubungan antara kedisiplinan terhadap konsep diri taruna-taruni SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Ada hubungan antara tanggung jawab terhadap konsep diri taruna-taruni SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Dan secara simultan ada hubungan antara kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap konsep diri taruna-taruni SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini agar penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang kedisiplinan dan tanggung jawab yang dalam penelitian ini berhubungan terhadap konsep diri. KATA KUNCI : Kedisiplinan, Tanggung Jawab, Konsep Diri.

Keyword

KEDISIPLINAN, TANGGUNG JAWAB, KONSEP DIRI

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade