PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KECANDUAN SOSIAL MEDIA KELAS VIII B MTs SA JABAL NUR DUWET WATES KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MUNTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0113

Abstract

Muntiani: Penggaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama terhadap Kecanduan Sosial Media Siswa Kelas VIII B MTs SA Jabal Nuur Duwet-Wates Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP, UN PGRI Kediri, 2013.Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan serta wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa di sekolah, khususnya MTs SA Jabal Nuur Duwet-Wates Kediri. Bahwa pada masa remaja banyak ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan gadget, di mana siswa selalu membuat sosial media di dalam gadget sebagai prioritas utama yang harus mereka miliki untuk berkomunikasi dan mengabaikan komunikasi verbal. Permasalahan peneliti ini adalah “adakah pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kecanduan sosial media siswa kelas VIII B MTs SA Jabal Nuur Duwet-Wates Kediri tahun pelajaran 2017/2018 ?”, dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kecanduan social media siswa kelas VIII B MTs SA Jabal Nuur Duwet-Wates Kediri tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tehnik penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan one group pretest-posttest design, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive non random sampling di mana sampel yang dipilih adalah kelas VIII B MTs SA Jabal Nuur Duwet-Wates kediri dengan jumlah sampel 8 orang siswa yang memiliki tingkat kecanduan sosial media pada kategori tinggi. Dalam penelitian ini digunakan instrumen angket kecanduan sosial media dengan jumlah item 30. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil t hitung sebesar 18,733 dan t tabel 2,365 pada taraf signifikansi 5%, jadi dapat dikatakan Ha diterima dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap kecanduan sosial media siswa kelas VIII B MTs SA Jabal Nuur Duwet-Wates Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) konselor sebaiknya dapat menggunakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama apabila suatu saat menjumpai permasalahan serupa. (2) siswa diharapkan mampu mengendalikan diri pada era globalisasi saat ini dalam penggunaan sosial media. Kata kunci : Bimbingan Kelompok Sosiodrama, Kecanduan Sosial Media

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI