PENGARUH KONSELING KARIR DENGAN PENDEKATAN TEORI JOHN HOLLAND TERHADAP UNDERACHIEVEMENT SISWA KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NASTITYA CIPTA HENING
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0110

Abstract

ABSTRAK : Pengaruh Konseling Karir Dengan Pendekatan Teori John Holland Terhadap Underachievement Siswa Kelas Xi IPS 5 SMA Negeri 6 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRIKediri 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan serta pengalaman peneliti terhadap remaja di sekolah, khususnya sekolah menengah atas. Banyak remaja yang sudah menginjak bangku sekolah menengah atas yang masih belum memiliki perencanaan karir yang baik. Selain itu banyak dijumpai remaja yang acuh terhadap nilai sekolahnya, padahal mereka sebenarnya memiliki kemampuan. Hal ini disebabkan karena tekanan-tekanan tertentu misalnya, kurang nyaman dengan kondisi kelasnya, tidak cocok dengan program keahlian atau jurusan yang dimasuki, adanya perbedaan pendapat dengan orang tua, dan faktor lainnya. Permasalahan peneliti ini adalah “adakah pengaruh konseling karir dengan pendekatan teori John Holland terhadap underachievement siswa kelas XI IPS 5 Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kediri ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre eksperimental, desain yang digunakan adalah one group pre test and post test design, analisis data yang digunakan adalah dengan t-test. Pemilihan sampelnya menggunakan teknik purposive non random sampling dimana sampel penelitian siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 6 Kediri. Penelitian dilakukan dalam 4 kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPLKI, dan Instrumen tes underachievement. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan konseling karir John Holland terbukti dapat mereduksi underachievement siswa diamana diperoleh thitung 9,403 dan ttabel sebesar 2,776. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor dapat menggunakan konseling karir dengan teori John Holland apabila suatu saat ditemukan siswa yang mengalami permasalahan underachievement. (2) Siswa agar mampu memahami potensi dan kemampuan diri, mampu menyikapi kondisi dari dalam diri dan sekitar yang mungkin kurang mendukung, sehingga dapat tetap termotivasi untuk meraih prestasi maupun memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Kata kunci: Konseling Karir Teori John Holland, Underachievement.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI