Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Motivasi Belajar Siswa SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

PUGUH WAHYU SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0107

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak ditemukan efikasi diri akademik rendah di sekolah. Hal ini didasari atas motivasi belajar yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Masih ada siswa yang tidak rajin belajar dan siswa tidak semangat belajar atau malas dalam belajar di sekolah. Oleh karena itu efikasidiri diri akademik yang dimiliki oleh siswa dirasa kurang sehingga, siswa mudah malas untuk belajar dan semangat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara efikasi diri akademik dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha1 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 tahun pelajaran 2017/2018 yaitu sejumlah 401 siswa, dengan sampel yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampel. Yang digunakan intrumen dalam penelitian ini angket. Hasil analisis data menghasilkan efikasi diri akademik siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 dalam kategori rendah sedangkan motivasi belajar dalam kategori sedang. Diperoleh tingkat korelasi r hitung > r tabel yaitu, 0,569 > 0,344 pada taraf signifikan 5% maka Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri akademik dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini maka, direkomendasikan kepada orang tua dan guru hendaknya mampu membimbing anak dalam meningkatkan efikasi diri akademik anak. Hal tersebut bertujuan agar mempunyai motivasi belajar tinggi sehingga anak semangat untuk belajar memberi dampak positif. Kata kunci : efikasi diri akademik dan motivasi belajar

Keyword

Korelasional

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade