PENGARUH KONSELING BEHAVIOR TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

APRILIA HARININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0105

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan dan pengalaman peneliti, mengenai tingginya perilaku membolos siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada pengaruh konseling behavior teknik self management terhadap perilaku membolos siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik self management, dalam penelitian ini populasi berjumlah 141 siswa, dari jumlah populasi tersebut peneliti mengambil sampel kelas VIII dengan jumlah sampel 6. Hasil penelitian ini adalah (1) Perilaku membolos siswa sebelum mendapatkan treatment termasuk dalam kategori tinggi. (2) Perilaku membolos siswa setelah mendapatkan treatment mengalami penurunan dan masuk dalam kategori sedang. (3) Terdapat perubahan yang positif yaitu berupa penurunan yang signifikan pada perilaku membolos setelah diberi layanan konseling individual dengan pendekatan behavior melalui teknik self management. Hal ini terbukti dari hasil uji validitas dan reliabilitas diperoleh nilai Alpha sebesar 0,681, disimpulkan nilai Alpha = 0,681 > r tabel = 0,361 artinya item-item angket pengaruh konseling behavior teknik self management terhadap perilaku membolos siswa dapat dikatakan reliabel atau terpercaya sebagai alat pengumpul data dalam penelitian.

Keyword

konseling behavior, teknik self management, perilaku membolos

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade