STUDI KASUS MENGENAI KONSEP DIRI \"GM\" SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PAWYATAN DAHA KEDIRI KELAS X MIA 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ROJULIN BAYU SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengetahui konsep diri dan faktor yang menjadi latar belakang anak memiliki konsep diri negatif pada siswa kelas X MIA 1 SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya keramaian siswa saat pelajaran berlangsung di kelas yang disebabkan oleh anak yang memiliki sikap yang berbeda dari anak lain dan dalam hal ini berhubungan dengan perkembangan konsep diri yang dialami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa. Setting penelitian dilakukan di SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data berlangsung mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan September 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model, yaitu dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami konsep diri negatif dikarenakan kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua, selain itu lingkungan di sekitar rumah subjek dijadikan tempat mangkal waria saat malam hari, hal tersebut yang membuat konsep diri subjek mengalami penyimpangan yang negatif, dimana sisi feminim jauh lebih dominan dibandingkan dengan sikap maskulin yang umum di tunjukkan oleh seorang anak laki-laki. Oleh karena itu dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini, sebagai guru, khususnya Guru BK yang memiliki peran sangat dominan dalam membentuk karakter siswa harus dapat menempatkan diri sebagai panutan yang baik bagi para muridnya, di harap guru Bimbingan dan Konseling mampu memberikan pemahaman tentang gender dan penanaman tentang nilai-nilai norma etika serta landasan religius yang kuat sehingga siswa memiliki pondasi yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh hal- hal negatif. KATA KUNCI : Konsep Diri

Keyword

Konsep Diri

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade