Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

LINDA TRI HASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0103

Abstract

ABSTRAK : Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan ketika melakukan praktek pengalaman lapangan (PPL 2), masih banyaknya siswa yang dinilai rendah dalam disiplin belajarnya, seperti membuat gaduh apabila jam pelajaran tidak diisi guru, tidak memperhatikan dan ribut sendiri saat guru menerangkan, berbicara dengan teman saat pelajaran berlangsung, tidak mengerjakan tugas dari guru, membolos pada saat jam pelajaran berlangsung. Hal ini menunjukkan kurangnya disiplin belajar siswa SMPN 7 Kota Kediri. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik homeroom terhadap disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian teknik pre experimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian purposive non random sampling dengan sampelnya sebanyak 8 siswa dari jumlah populasi sebanyak 319 siswa kelas VIII SMPN 7 Kediri. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji statistik melalui aplikasi SPSS versi 23.0. Pelaksanaan bimbingan kelompok ini menggunakan teknik homeroom di SMPN 7 Kota Kediri. Disiplin belajar siswa sebagian besar sudah baik, namun masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa taraf signifikansi diperoleh nilai sig. (2-tailed) (0,000) < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat dimaknakan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Kediri. Atas dasar penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan bagi sekolah/guru BK untuk menggunakan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam menangani masalah disiplin belajar, sehingga sekolah/guru BK diharapkan lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah siswa. Kata kunci : bimbingan kelompok teknik homeroom, disiplin belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI