Studi Mengenai Cara untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Mojo Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

KHUSNUL KHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0101

Abstract

STUDI MENGENAI CARA GURU BK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X IPS 4 DI SMA NEGERI 1 MOJO TAHUN AJARAN 2016/2017. KHUSNUL KHOTIMAH 13.1.01.01.0101 Fkip –prodi pendidikan bimbingan dan konseling Email:kkoesnul@yahoo.com Dr. Atrup, M.Pd.,M.M dan Nora Yuniar Setyaputri, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Abstrak Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa terdapat salah satu siswa kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Mojo yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana ciri-ciri siswa kelas X IPS 4 yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah? (2) Bagaimana cara guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Mojo ? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ciri-ciri siswa di kelas X IPS 4 yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah (2) Mengetahui cara guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Mojo. Penelitian ini jenis studi kasus dan teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan sumber data di peroleh dari siswa, teman dekat siswa guru BK, wali kelas serta kepala sekolah. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa komunikasi interpersonal salah satu siswa yang berada di Kelas X IPS 4 sangatlah rendah terutama pada aspek keterbukaan dengan ciri-ciri yaitu (1) Tidak suka berbaur dengan teman yang lain (2) Lebih suka menyendiri (3) Tidak memiliki ketrampilan sosial yang baik (4) Saat proses pembelajaran ia tidak pernah bertanya kepada guru (5) Merasa lebih nyaman bergaul dengan teman lama dari pada mengenal teman baru. Cara yang di lakukan guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Mojo dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa tersebut adalah dengan layanan konseling individu dan bimbingan klasikal. Hasilnya bahwa komunikasi interpersonal yang rendah pada siswa kelas X IPS 4 tersebut dapat meningkat secara bertahap setelah di berikannya pemberian layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Mojo khususnya pada siswa kelas X IPS 4. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini di rekomendasikan (1) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah layanan konseling individu dan bimbingan klasikal sesuai di berikan pada siswa untuk meningkatkan komunikasi interpersonal (2) Tujuan layanan bimbingan dan konseling untuk membantu individu mengembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan tahap yang di milikinya. Kata kunci: Cara Guru BK untuk Meningkatkan, Komunikasi Interpersonal, Siswa Kelas X IPS 4

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI