Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

MOCHAMMAD ARIF FAHDILLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0099

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan dan pengalaman lapangan yang telah dilakukan peneliti di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri terdapat siswa yang sering membolos saat jam pelajaran, sering keluar kelas saat jam pelajaran berlangsung, kurang ada rasa hormat terhadap guru yang sedang mengajar di kelas, tidak ada perhatian terhadap guru dan juga pelajaran yang diajarkan, dan siswa sering tidak mengerjakan tugas sekolah. Permasalahan pada penelitian ini adalah adakah hubungan antara minat belajar siswa dengan disiplin belajar siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari populasi 401 siswa pada kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kota Kediri. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian setelah diberikan angket tentang minat belajar dan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Dhaha 1 Kota Kediri berdasarkan hasil perhitungan diperoleh keputusan bahwa p-value angket minat belajar dan disiplin belajar sama yaitu 0, 001 < 0,05, dan rhitung yaitu 0, 579 lebih besar dari rtabel yaitu 0, 367 maka H_0 ditolak, H_1 diterima, yaitu terdapat hubungan antara minat belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Pwyatan Dhaha 1 Kota Kediri. Diterimanya hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungannya antara minat belajar siswa dengan disiplin belajar siswa. Jika dianalisis lebih lanjut semakin siswa berminat dalam suatu pembelajaran maka akan semakin disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran. Setelah mengetahui hal tersebut, dengan adanya hubungan antara minat dan disiplin belajar siswa maka sebisa mungkin minat belajar siswa harus lebih ditingkatkan agar disiplin siswa dalam belajar juga lebih meningkat Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, Sebagai seorang pelajar, kewajibannya adalah belajar. Mempelajari apa yang seharusnya dipelajari, baik di lingkungan formal maupun non-formal karena dengan begitu akan menambah wawasan sekaligus minat pelajar terhadap pelajaran. Selain itu dengan minat belajar yang tinggi tentunya akan dapat meningkatkan disiplin belajar. Orang tua diharap mampu memberikan pengarahan dan bimbingan serta menanamkan nilai-nilai agama dan moral yang ada. KATA KUNCI : Minat Belajar, Disiplin Belajar

Keyword

Minat Belajar dan Disiplin Belajar

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade