PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X-4 SMAN 1 NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SHOCHICHUL HADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0098

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tingkat kedisiplinan belajar siswa SMAN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri khususnya siswa kelas X-4 masih kurang, terbukti dari masih adanya siswa tersebut terlambat masuk kelas dengan jumlah 13 siswa, sering membolos dengan jumlah 8 siswa, banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktu, dan juga seringnya para siswa tidak mengerjakan tugas atau PR dari guru. Padahal kedisiplinan sangat penting dilakukan karena sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam mencapai suatu tujuan. Dengan kata lain disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Untuk meningkatkan disiplin belajar dapat menggunakan teknik sosiodrama karena teknik sosiodrama merupakan suatu teknik dalam bimbingan kelompok untuk mengubah perilaku siswa yang awalnya negatif menjadi lebih positif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Teknik sosiodrama merupakan sebuah teknik dalam bimbingan kelompok dengan bermain peran yang digunakan untuk memecahkan masalah khususnya masalah sosial yang dialami oleh seseorang. Kedisiplinan merupakan bentuk perilaku yang bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban dari seseorang dengan status maupun predikat tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian pre experimental design dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 yang memiliki tingkat disiplin rendah berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun pertimbangan atau kriteria yang dimaksud adalah siswa yang memiliki kedisipilan sangat rendah, sampel dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t paired sample t-test. Hasil dari analisis data dengan paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung sebesar 36,267 > ttabel sebesar 2,015 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Ngadiluwih kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, sehingga disarankan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dapat melakukan layanan bimbingan teknik sosiodrama.

Keyword

Teknik Sosiodrama, Kedisiplinan Belajar

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade