PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 2 GURAH TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YULI AMILA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0096

Abstract

Yuli Amila Sari: Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti selama masa Praktik Pengalaman Lapangan(PPL 2) bahwa terdapat beberapa siswa yang melakukan perkelahian, pemukulan, mengancam sesama siswa dan juga perilaku saling mengejek antar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perilaku agresif yang tinggi pada siswa di UPTD SMP Negeri 2 Gurah. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap perilaku agresif siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian teknik pre experimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian ini mengambil sampel yang sebanyak 30 siswa dari populasi 308 siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi sebanyak 36 pernyataan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji statistik melalui aplikasi SPSS versi 16.0. Pelaksanaan penelitian dengan bimbingan kelompok teknik psikodrama dengan yang diberikan kepada 30 siswa didapatlah hasil 29 siswa mengalami penurunan perilaku agresif. Kebanyakan dari siswa yang berperilaku agresif pada awalnya karena siswa dulunnya pernah menjadi korban agresif dan karena siswa menganggap perilaku agresif merupakan perilaku yang wajar. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa taraf signifikansi diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,050. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dapat diterima sehingga ada pengaruh antara bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah tahun ajaran 2016/2017. Atas dasar penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan bagi konselor untuk menggunakan bimbingan kelompok teknik psikodrama dalam menangani masalah perilaku agresif, dan juga menggunakan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk menangani masalah siswa yang berbeda dengan penelitian ini. Karena setiap siswa memiliki masalah yang berbeda-beda dan memiliki cara penyelesaian yang berbeda-beda pula. Sehingga konselor diharapkan lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah siswa. Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik psikodrama, perilaku agresif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI