PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN TEMAN SEBAYA (PEER GUIDANCE) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X-APK SMK PEMUDA PAPAR TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WENI ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0094

Abstract

ABSTRAK : Pengaruh Layanan Bimbingan Teman Sebaya (Peer Guidance) terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X APK SMK Pemuda Papar Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan mengenai kepercayaan diri pada kelas X APK SMK Pemuda Papar. Penanganan permasalahan kepercayaan diri siswa jika dikaitkan dengan masa remaja, maka penanganan yang digunakan adalah layanan bimbingan teman sebaya (peer guidance). Layanan bimbingan teman sebaya (peer guidance) adalah layanan yang diberikan oleh siswa terhadap siswa lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X APK SMK Pemuda Papar, teknik penelitian dilaksanakan dengan cara pre-eksperimen design dan menggunakan jenis one-group pretest-posttest design yaitu dengan memberikan skala sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Proses analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian dengan uji-t menyatakan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan teman sebaya (peer guidance) tehadap kepercayaan diri siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,976 dan ttabel 2,776. Sehingga 3,976 > 2,776 pada taraf signifikan 5% H0 ditolak. KATA KUNCI : layanan bimbingan teman sebaya (peer guidance), kepercayaan diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade