HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MEIKE DIYAH PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0093

Abstract

Meike Diyah Pratiwi: Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak ditemukan pelanggaran tata tertib disekolah, hal ini didasari atas rendahnya tingkat percaya diri yang dimiliki oleh siswa. Masih ada siswa yang ingin mendapatkan nilai tinggi dengan cara yang mudah serta kurangnya kemauan untuk belajar yang sampai berimbas pada terjadinya perilaku menyontek. Hal tersebut terjadi dikarenakan percaya diri yang dimiliki oleh siswa masih kurang sehingga, siswa memilih untuk menyontek dibandingkan yakin dengan kemampuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara percaya diri dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Corelation Product Moment menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NEGERI 5 Kediri tahun pelajaran 2016/2017 yaitu sejumlah 323siswa, dengan sampel sejumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampel. Dan data penelitian ini diperoleh melalui instrumen angket. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sudah baik karena siswa cukup kondusif dalam mengerjakan setiap pernyataan yang ada. Dalam penelitian ini diperoleh hasil analisis data percaya diri siswa dalam kategori cukup tinggi sedangkan data perilaku menyontek dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa r hitung -0,360 > r tabel 0,355 pada taraf signifikansi 5% Ho ditolak dan Hi diterima. Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan yang positif antara percaya diri dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP NEGERI 5 Kediri. Berdasarkan simpulan pada hasil penelitian, direkomendasikan untuk orang tua dan guru hendaknya mampu membimbing dalam meningkatkan percaya diri anak. Selain itu untuk siswa diharapkan lebih meningkatkan percaya dirinya, hal tersebut bertujuan agar siswa lebih yakin akan kemampuannya sendiri serta terhindar dari perilaku menyontek. Kata kunci : percaya diri, perilaku menyontek.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI