EFEKTIVITAS PENGGUNAAN HIPNOTERAPI TEKNIK FORGIVENESS THERAPY UNTUK MENANGANI RENDAHNYA SELF ESTEEM SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

EMI DWI SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0091

Abstract

Emi Dwi Susanti : Efektivitas Penggunaan Hipnoterapi Teknik Forgiveness Therapy Untuk Menangani RendahnyaSelf Esteem Siswa Kelas X SMKN 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hipnoterapi, Teknik forgiveness therapy, Self esteem rendah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang peneliti lakukan selama masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kediri, terdapat beberapa siswa yang menunjukan gejala-gejala yang mengarah pada self esteem rendah yang dialami siswa. Bahkan berdasarkan keterangan Guru BK, siswa yang memiliki gejala self esteem rendah satu diantaranya kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah di tengah jalan, sebab siswa yang bersangkutan sudah merasa tidak mampu menghadapi permasalahan yang dialami.Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan hipnoterapi teknik forgiveness therapy untuk menangani rendahnya self esteem siswa ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design) dengan desain A-B. Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa yakni R. A. B.S dan M. H. A. A, yang keduanya merupakan siswa kelas X dengan jenis pengukuran frekuensi dan target behavior adalah mengungkapkan fakta dan masalah. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan pada fase baseline dan 5 kali pada fase intervensi untuk masing-masing siswa. Pada setiap pertemuan intervensi dilakukan layanan hipnoterapi dengan menggunakan teknik forgiveness therapy. Hasil dari penelitian ini, R. A. B. S memiliki skor 77, 79, 76, 78 pada tahap baseline dan 69, 64, 66, 58, 55 pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Sedangkan M. H. A. A memiliki skor 84, 83, 81, 83 pada tahap baseline dan 79, 67, 61, 52, 54 pada tahap intervensi dengan persentase overlap 20%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan hipnoterapi dengan teknik forgiveness therapy efektif untuk menangani self esteem rendah siswa.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) penggunaan metode hipnoterapi dengan teknik forgiveness therapy untuk menangani siswa yang memiliki self esteem rendah. (2) hipnoterapi dengan teknik forgiveness therapy tidak hanya digunakan untuk menangani self esteem rendah saja. (3) para peneliti dapat mengadakan kembali dan dapat menumbuhkan ide kreatif dan inovatif untuk para Guru BK, yaitu untuk menangani self esteem rendah yang dimiliki oleh siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI