PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMPN 1 BARON KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SISKA IMATIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0089

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran didalam kelas didominasi oleh banyak aktivitas dan berbagai faktor, yaitu faktor internal maupun eksternal. Akibatnya munculah perilaku prokrastinasi akademik. Prokrastinasi Akademik merupakan perilaku yang dilakukan oleh siswa untuk menunda dalam mengerjakan tugas akademik sehungga bisa mengganggu dalam proses pembelajaran. Prokrastinasi Akademik didalam kelas tentunya mudah dilakukan dan belum tentu semua siswa memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang sama. Teknik Diskusi Kelompok adalah usaha bersama untuk memecahkan masalah dimana setiap anggota bisa menuangkan ide-ide atau pendapatnya dalam diskusi. Untuk dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik dengan baik dapat menerapkan teknik diskusi kelompok sebagai alternatif.Permasalahan penelitian ini adalah ada atau tidaknya pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap perilaku prokrastinasi akademik.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Baron, teknik penelitian ini dilaksanakan dengan cara pre-eksperimen design dan menggunakan jenis one-group pretest-posttest design yaitu dengan memberikan skala sebelum dan setelah diberi perlakuan. Populasi pada penelitian ini yaitu 290 siswa dengan sampel 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Proses analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian berdasarkan uji paired samples test menyatakan bahwa ada pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 18,786 dan ttabel sebesar 2,365. sehingga 18,786 ? 2,365 pada taraf signifikan 5% H0 ditolak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan sebagai saran yaitu: Diharapkan bagi guru BK atau Konselor dapat menerapkan teknik diskusi kelompok dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa tentunya dalam mengaplikasikan teknik ini, peneliti harus mempersiapkan materi sebagai treatment yang sesuai dengan permasalahan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI