PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

FLANDY PUTIKA SARY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0088

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti, tentang proses pemberian bimbingan klasikal kerap kali masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya proses pemberian bimbingan klasikal berjalan kurang efektif dan minat belajar siswa untuk mengikuti bimbingan klasikal menjadi berkurang. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media audio visual dalam bimbingan klasikal terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kras kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian 37 siswa kelas VII SMPN 2 Kras, teknik penelitian ini dilakukan dengan cara one grub pretest-posttest design. Proses analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji paired sampel test menyatakan bahwa ada peningkatan dalam minat belajar siswa setelah penggunaan media audio visual dalam bimbingan klasikal. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,428 dan ttabel sebesar 2,028. Sehingga 5,428 > 2,028 pada taraf signifikan 5% H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dalam bimbingan klasikal terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kras kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. KATA KUNCI : Media Audio Visual, Minat belajar siswa

Keyword

Media Audio Visual, Minat Belajar

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade