PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
FLANDY PUTIKA SARY
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0088
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti, tentang proses pemberian bimbingan klasikal kerap kali masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya proses pemberian bimbingan klasikal berjalan kurang efektif dan minat belajar siswa untuk mengikuti bimbingan klasikal menjadi berkurang. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media audio visual dalam bimbingan klasikal terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kras kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian 37 siswa kelas VII SMPN 2 Kras, teknik penelitian ini dilakukan dengan cara one grub pretest-posttest design. Proses analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji paired sampel test menyatakan bahwa ada peningkatan dalam minat belajar siswa setelah penggunaan media audio visual dalam bimbingan klasikal. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,428 dan ttabel sebesar 2,028. Sehingga 5,428 > 2,028 pada taraf signifikan 5% H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dalam bimbingan klasikal terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kras kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017.
KATA KUNCI : Media Audio Visual, Minat belajar siswa