PENGARUH TEKNIK BRAIN STROMING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YANI PUTRI KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0082

Abstract

Yani Putri Kurniawati: Pengaruh Teknik Brain Stotrming Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Pawytan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa masih banyaknya siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri yang memiliki kurangnya kedisiplinan rendah dikarenakan siswa sendiri kurang mematuhi tata tertib yang sudah ada di sekolah. Tata tertib yang tidak pernah dipatuhi oleh siswa dapat mempengaruhi kurangnya sikap kedisiplinan siswa maka dari itu diperlukan cara untuk membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri yang berjumlah 383 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket pretest dan posttest kedisiplinan siswa. Teknik analisa data menggunakan paired sampel t-test dan dibantu dengan menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung > ttabel (-8.778>2,018) dan diketahu taraf signifikan sebesar 0.000 yang berarti kurang daro 0.05 (0.000<0.05) yang berarti ditolak dan diterima. Jadi Hasil dalam penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu adaya pengaruh brain storming terhadap keidisiplinan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Berdasarkan proses dari keseluruhan penelitian tentang teknik brain storming terhadap kedisiplinan siswa disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik brain storming terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru BK di harapkan dapat memberikan layanan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. (2) Bagi orangtua diharapkan dapat memberikan masukan yang tepat untuk menumbuhkan sikap disiplin yang nantinya berguna untuk mencegah perilaku atau sikap yang negarive pada siswa. Kata Kunci: teknik brain storming, kedisiplinan siswa

Keyword

PENGARUH TEKNIK BRAIN STROMING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade