PENGARUH TEKNIK BRAIN STROMING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
YANI PUTRI KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.01.0082
Abstract
Yani Putri Kurniawati: Pengaruh Teknik Brain Stotrming Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII
SMP Pawytan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa masih
banyaknya siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri yang memiliki kurangnya kedisiplinan rendah
dikarenakan siswa sendiri kurang mematuhi tata tertib yang sudah ada di sekolah. Tata tertib yang
tidak pernah dipatuhi oleh siswa dapat mempengaruhi kurangnya sikap kedisiplinan siswa maka dari
itu diperlukan cara untuk membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian
ini adalah eksperimen. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1
Kediri yang berjumlah 383 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket pretest dan posttest kedisiplinan
siswa. Teknik analisa data menggunakan paired sampel t-test dan dibantu dengan menggunakan SPSS
16 for Windows.
Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung > ttabel (-8.778>2,018) dan diketahu taraf
signifikan sebesar 0.000 yang berarti kurang daro 0.05 (0.000<0.05) yang berarti ditolak dan
diterima. Jadi Hasil dalam penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu adaya
pengaruh brain storming terhadap keidisiplinan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun
pelajaran 2017/2018.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Berdasarkan proses dari keseluruhan penelitian
tentang teknik brain storming terhadap kedisiplinan siswa disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik
brain storming terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran
2017/2018.
Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru BK di harapkan dapat
memberikan layanan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. (2) Bagi orangtua diharapkan dapat
memberikan masukan yang tepat untuk menumbuhkan sikap disiplin yang nantinya berguna untuk
mencegah perilaku atau sikap yang negarive pada siswa.
Kata Kunci: teknik brain storming, kedisiplinan siswa