PENGARUH BIMBINGAN KARIER TERHADAP KEMANDIRIAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XII SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

BESAR GUNAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0076

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti selama menjalani PPL2 (Praktek Pengalaman Lapangan) bahwa terdapat beberapa kelas yang mengalami ketidakmandirian dalam perencanaan karier. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat kemandirian perencanaan karier yang rendah di SMK TI Pelita Nusantara Kediri. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemandirian perencanaan karier siswa kelas XII SMK TI Pelita Nusantasa Kediri sebelum mendapatkan bimbingan karier? (2) Bagaimana kemandirian perencanaan karier siswa kelas XII SMK TI Pelita Nusantara Kediri sesudah mendapatkan bimbingan karier? (3) Adakah pengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian perencanaan karier siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-Experimental Desaigns dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design dan teknik dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel purposive (pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu) dengan jumlah sampel 42 siswa. Teknik analisis data menggunakan paired samples t-test dengan bantuan SPSS 23.0 di windows 8.0. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung (3,818) ? ttabel (2,021) dengan derajat kebebasan (df) 41. Sehingga h0 ditolak dan h1 diterima dengan demikian maka ada pengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian perencnaan karier siswa kelas XII MM SMK TI Pelita Nusantara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Sebelum diberikan bimbingan karier menunjukkan bahawa pada kategori sedang menunjukkan 24 siswa dengan prosentase 57,14%. (2) Sesudah diberikannya bimbingan karier menunjukkan bahawa pada kategori tinggi menunjukkan 27 siswa dengan prosentase 64,29%. (3) Setelah diberilan bimbingan karier terbukti bahwa ada pengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian perencanaan karier siswa kelas XII MM. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan bimbingan karier adalah untuk meningkatkan kemandirian perencanaan karier siswa. (2) Bagi guru BK diharapkan mampu memberikan bimbingan karier agar siswa dapat mandiri dalam perencanaan karier kedepannya. Kata Kunci : Bimbingan Karier, Kemandirian, Perencanaan Karier, Kemandirian Perencanaan Karier

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI