ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi akademik siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kampak. Hal ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terdapat prestasi akademik siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek yang rendah dengan ditunjukkannya nilai rapot siswa yang rendah. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah prestasi akademik. Prestasi akademikyang di peroleh siswa beragam dan tidak semua siswa memperoleh keberhasilan belajar yang baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang, secara umum yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor – faktor tersebut berpengaruh dengan tinggi atau rendahnya prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa. Cara pengambilan sampel ini menggunakan Probability Sampling dengan teknik simple random sampling dengan cara pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Terdapat 3 variabel yaitu kondisi keluarga dan lingkungan sekolah sebagai variabel bebas, serta prestasi akademik sebagai variabel terikat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan cara mengambil data dengan instrument berupa angket untuk variabel bebas dan nilai rapot untuk variabel terikat diperoleh diperoleh hasil perhitungan Fhitung < Ftabel (0,616 < 3,29) dengan taraf signifikan sebesar 5% (0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara kondisi keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi akademik siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek Tahun Ajaran 2017/ 2018. Oleh karena itu dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, ada aspek lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik siswa. Dengan demikian perlu kerjasama antara orang tua, pihak sekolah, dan siswa untuk memperoleh prestasi akademik yang tinggi.
KATA KUNCI : kondisi keluarga, lingkungan sekolah, prestasi akademik
DAFTAR PUSTAKA
Puspitawati, H. Djamaludin, M.D. Nursanti, H. Kekerasan, Kondisi Keluarga, Dan Kesejahteraan Keluarga Pada Anak Korban Kekerasan. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, (Online) 4 (2) 130-138, tersedia http://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/6431, diunduh pada tanggal 12 Januari 2018.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta
Suryabrata, S. 2014. Psikologi pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.