Pengaruh Bimbingan Kerier Terhadap Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Kelas XI SMA Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018


Author (Penulis)

MOHAMAD MAKHRUS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.01.0071

Abstract

Pengaruh Bimbingan Karier Terhadap Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kediri, Mohamad Makhrus, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sedikit banyak siswa SMAN 7 Kediri mengalami kebingungan serta ketidakyakinan dalam pengambilan keputusan studi lanjut. Akibatnya membuat para siswa memilih jurusan maupun perguruan tinggi yang kurang mendukung bagi dirinya. Hal tersebut nampak dari hasil data IKMS yang menyatakan hampir 50-60% siswa mengalami kesulitan tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut bagi siswa yang diberi bimbingan karier? (2) Bagaimana efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut bagi siswa yang tidak diberi bimbingan karier? (3) Adakah pengaruh bimbingan karier terhadap efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 7 Kediri yang berjumlah 378. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket posttest efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut. Teknik analisa data menggunakan independent sampel t-test dan dibantu dengan menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa thitung > ttabel (-2,836>2.000) dan diketahui nilai signifikan sebesar 0.006 yang berarti kurang dari nilai alfa 0.05 (0.000<0.05) yang berarti H_o ditolak dan H_aditerima. Jadi Hasil dalam penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu adanya pengaruh bimbingan karier terhadap efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XI SMAN 7 Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui tindakan pemberian bimbingan karier dapat ditemukan langkah-langkah yang tepat untuk penerapan bimbingan karier untuk meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan studi lanjut siswa. (2) Melalui tindakan bimbingan Karier terbukti dapat meningkatkan efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut siwa. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikaan: (1) Bagi guru BK di harapkan dapat menerapkan bimbingan karier dengan menekankan materi pembahasan mengenai efikasi diri, komitmen dan pengambilan keputusan yang baik dalam studi lanjut (2) Bagi siswa hendaknya siswa lebih aktif dalam mencari informasi khususnya mengenai studi lanjut. Agar wawasan dalam bidang perguruan tinggi lebih banyak, sehingga siswa dapat menentukan pilihannya dengan mengetahui dan mempertimbangkan bakat, minat serta kemampuanya dibidang tersebut dengan penuh keyakinan dan komitmen. Kata kunci : bimbingan karier, efikasi diri pengambilan keputusan studi lanjut

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI